• PONDOK PESANTREN DARUL ULUM PONCOL
  • Mencetak Generasi Yang Agamis dan Nasionalis

KEGIATAN EKSTRA NGRAMUT JANAZAH

Kegiatan ekstra Pondok Pesantren Darul Ulum Poncol ( Ngramut Jenazah ). 03/02/22.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang wawasan santri untuk siap dalam menghadapi urusan kemasyarakatan yaitu mengurus jenazah.

Selain adanya penjelasan materi pelajaran dalam kitab kuning yang diajakan dalam madrasah Diniyah dan Musqub tentang bagaimana tatacara mengurus jenazah santri juga diajarkan bagaimana tatacara mempraktekkannya secara langsung.

Kegiatan ini diadakan setiap selapanan sekali dengan tema yang berbeda beda dimulai pada pukul 20.00 - 22.00 WIB. ( Bakda isya ).

Acara diadakan serentak ( Qubro ) dengan dihadiri oleh para santri -/+ 150 orang santri. Kegiatan bertempat di serambi masjid Darul Ulum Poncol.

Kegiatan ini di isi langsung oleh pemateri/ustadz yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. ( Modin ). Ada 2 Modin sekaligus yang didatangkan oleh pihak pengurus pondok pesantren untuk memandu, membina, membimbing, berjalannya kegiatan tersebut.

Acara pertama dibuka oleh Ketua Pondok Pesantren Darul Ulum Putra ( Kang Ahmad Zainuri ) yang menyampaikan bahwa : "Pentingnya kegiatan seperti ini diadakan dan di seminarkan pada santri Pondok Pesantren karena tidak menutup kemungkinan santri nanti kelak dimasa yang akan datang akan diharapkan oleh masyarakat nya ketika sudah pulang ke rumah/kampung halaman nya masing masing. Santri harus bisa dalam segala hal".

Acara kedua langsung disampaikan oleh pemateri ( Ustadz Sujiono ) beliau juga menyampaikan bahwa : "Pentingnya dalam berproses dipondok juga harus mengetahui cara praktiknya. Santri harus siap ketika sewaktu waktu dibutuhkan bantuannya oleh masyarakat/siapapun".

Praktik dimulai dengan bagaimana tatacara memandikan jenazah, mengkafani jenazah, menyolatkan jenazah, mengubur jenazah. Dilakukan dengan saling bergantian oleh masing-masing perwakilan Santri.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENDAFTARAN SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DARUL ULUM PONCOL TAHUN 2024

Assalamualaikum Wr. Wb Diberitahukan kepada calon santri baru bahwasannya  PSB ( penerimaan Santri baru ) tahun ajaran 2024/2025  PONDOK PESANTREN DARUL ULUM PONCOL MAGETAN t

03/01/2023 09:53 - Oleh Administrator - Dilihat 8624 kali
Kegiatan Santri Sudah Aktif Kembali

Poncol, 01 Juli 2020 Alhamdulillah pada hari ini tertanggal mulai 01 Juli 2020 sesuai hasil musyawaroh Dewan Masyayikh Kegiatan santri sudah mulai aktif kembali . Tentunya keputusan mas

03/07/2020 08:17 - Oleh Administrator - Dilihat 1342 kali
Tips Supaya Anak & Cucu bisa Jadi Ulama'

  وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد أن يكون ابنه عالما ينبغÙ

06/06/2020 15:09 - Oleh Administrator - Dilihat 3690 kali